Resep: Tongseng kambing ala bunda Sedap

  • Post author:
  • Post category:Resep Daging
  • Reading time:4 mins read

Tongseng kambing ala bunda. Sebenarnya gak begitu suka yang namanya daging kambing, cuma suamiku aja yang lumayan suka, gak suka bukan berarti gak mau megang dan gak bisa masak nya loh ya, ???aku mau dan aku bisa masak nya walaupun gak makan nya???. #homemade #cookpadindonesia. Hari Raya Idul Adha telah tiba, saatnya kita untuk cari tahu menu masakan mudah apa saja yang bisa kita masak di rumah dalam momen kurban ini. Kali ini ada Ibu Fatmah Bahalwan yang berbagi Resep.

Masak sayur yang cepat soalnya buru – buru dengan bahan seadanya dirumah, kebetulan ada sayur yg sudah saya potong- potong untuk disimpan, jadi tinggal nyampur aja Resep Ayam goreng mentega ala bunda. Salah satu menu favorit saya di Solaria. Pingin makan disana, tapi kok masih ada Covid, udah kangen banget yaudah bikin sendiri aja, pake bahan seadanya yg ada dirumah Resep Sambel pencak ala bunda. Kamu dapat membuat Tongseng kambing ala bunda menggunakan 22 bahan masakan dalam 7 langkah. Beginilah cara untuk memasak hidangan ini.

Bahan dan Bumbu dari Tongseng kambing ala bunda

  1. Persiapkan 500 gram daging kambing (potong potong cuci bersih).
  2. Siapkan 1 buah bawang bombay(iris 2).
  3. Siapkan 1/4 sayur kol/kubis(cuci lalu potong sesuai selera.
  4. Siapkan 1 batang daun bawang /secukupnya(cuci lalu potong sesuai selera.
  5. Sediakan 1 buah tomat(cuci lalu potong sesuai selera).
  6. Sediakan Secukupnya kecap BANGO.
  7. Sediakan 2 biji kemiri.
  8. Ambil 3 biji cabe merah.
  9. Persiapkan 2 biji caberawit.
  10. Persiapkan Lada bubuk secukupnya (ladaku).
  11. Ambil Kunyit bubuk sckpnya.
  12. Persiapkan secukupnya Jahe.
  13. Persiapkan 1 batang sereh/serai (cuci lalu digeprek).
  14. Sediakan 4 siung bawang merah.
  15. Siapkan 3 siung bawang putih.
  16. Persiapkan 2 lembar daun jeruk purut.
  17. Persiapkan 3 cm Lengkuas /laos (cuci lalu digeprek).
  18. Siapkan secukupnya Garam dan gula.
  19. Persiapkan secukupnya Bumbu TOTOLE.
  20. Ambil 4 sendok makan minyak goreng.
  21. Persiapkan 1 liter air (untuk merebus daging kambing nya biar empuk).
  22. Persiapkan 3 gelas belimbing air hangat /secukupnya.

Resep Tongseng Kambing – Tongseng merupakan makanan yang mirip dengan gulai tapi bumbunya lebih tajam dan daging yang digunakan masih melekat pada tulang. Tongseng yang paling terkenal adalah yang menggunakan bahan dasar daging kambing, meskipun ada yang menggunakan daging sapi, kerbau, atau ayam. Bisnis.com, JAKARTA – Perayaan Idul Adha selalu identik dengan masakan daging khususnya kambing dan sapi, salah satu yang paling populer disajikan adalah tongseng kambing. Ada banyak resep mengolah daging sapi dan daging kambing untuk Idul Adha bersama keluarga.

Langkah-langkah memasak Tongseng kambing ala bunda

  1. Pertama potong daging kambing nya ya lalu cuci bersih kemudian nyala kan kompor dengan api sedang aja lalu kita masukkan kedalam wajan atau panci dan kita rebus dulu dagingnya biar empuk rebus sekitar 15-30 menit /yang punya presto malah enak ya lebih cepat. (jangan lupa sesering dicek ya??).
  2. Disambi menunggu dagingnya empuk kita buat bumbu halus yah kita blender biar cepat (bawang putih+ bawang merah+ caberawit +cabe merah +kemiri +jahe+kunyit +ladaku) blender sampai halus.
  3. JIKA sudah 30 menit dan daging kambing nya sudah empuk kita matikan kompor nya dan dagingnya tiriskan ya..
  4. Kemudian panaskan minyak goreng dengan api kecil jika sudah panas masukkan bawang bombay tumis sampe aroma wangi nya keluar lalu tambahkan bumbu halus, kemudian masukkan daun jeruk, salam, serei, Lengkuas /laos aduk hingga tercampur merata ya tumis sampe aroma wangi nya keluar..
  5. Lalu masukkan dagingnya aduk rata biarkan selama 1menit (biar bumbunya meresap ke daging kambing nya) lalu tambahkan air hangat aduk lalu tambahkan gula, garam, totole, dan kecap bango, potongan sayur kol, aduk tunggu sampe mendidih dan sampe meresap kedalam daging kambing nya,(aduk dan icip icip rasa) kurang lebih sekitar 5 menit ya.
  6. Jika sudah 5 menit kita tambahkan daun bawang dan tomat yang sudah dipotong sesuai selera aduk icip icip rasa lagi kalau sudah pas matikan kompor angkat dan sajikan deh..
  7. Selamat mencoba ??.

Berikut beberapa resep mudah dan praktis yang wajib dicontoh. JAKARTA,KOMPAS.com – Cita rasa yang kuat dari tongseng menjadikan hidangan ini salah satu sajian yang digemari masyarakat Indonesia. Proses membuat tongseng kambing terbilang tak sulit. Tentunya bunda dirumah akan merasa bosan kalau menu yang disajikan hanya itu-itu saja seperti ayam, tahu dan tempe. baca juga resep Cara Membuat Ayam Goreng cabe ijo. Nah, resep kali ini adalah resep Cara Membuat Tongseng Daging Kambing untuk dua porsi yang bisa bunda cobain untuk menghilangkan rasa bosan dengan menu makan sehari-hari, rasanya pun bisa bunda rasakan sendiri kenikmatannya.

Tinggalkan Balasan