Resep: SELAT SOLO ala BUMBU REMPAH NUSANTARA Lezat

  • Post author:
  • Post category:Makanan Khas
  • Reading time:2 mins read

SELAT SOLO ala BUMBU REMPAH NUSANTARA. Kuliner khas nusantara tak hanya memiliki rasa yang nikmat tetapi juga memiliki nilai historis yang bisa mendekatkan kita dengan nenek moyang kita. Salah satu kuliner khas nusantara yang bisa Anda jadikan bagian dari rencana wisata kuliner Anda adalah resep selat Solo. Mungkin Anda masih bertanya-tanya mengapa kuliner ini diberi nama selat Solo.

SELAT SOLO ala BUMBU REMPAH NUSANTARA Aku beberapa kali beli Selat Solo di warung terkenal di Solo.mblenger saking manisnya.sesendok aja udah nggak mau lagi. Jadi.pada dasarnya masakan Jawa memang manis.tapi manisnya kudu pasya teman-teman.dan harus tetap masih menyisakan citarasa gurih juga.bukan manis yang kebablasan.hihi. Salah satu rahasia kelezatan santapan nusantara adalah penggunaan aneka bumbu dapur dan rempah-rempah. Bunda dapat dengan mudah menghidangkan SELAT SOLO ala BUMBU REMPAH NUSANTARA dengan 8 bahan makanan dalam 5 urutan. Inilah cara agar memasak makanan tersebut.

Bahan masakan dari SELAT SOLO ala BUMBU REMPAH NUSANTARA

  1. Persiapkan 350 gram Daging Sapi.
  2. Siapkan 1 Buah Wortel.
  3. Kamu membutuhkan 50 gram Buncis.
  4. Persiapkan 1 Buah Kentang.
  5. Kamu membutuhkan 3 sendok makan Kecap Manis.
  6. Persiapkan 1 Buah Telur Ayam.
  7. Persiapkan 2 Lembar Salada.
  8. Siapkan 1 Bungkus Bumbu Komplit Iga Sapi.

Aroma dan rasa khas rempah Indonesia terbukti dapat memikat pecinta kuliner hingga ke manca negara. Rempah-rempah berperan penting untuk menciptakan citarasa dan aroma pada makanan. Masakan Indonesia memiliki cita rasa yang kuat karena didukung oleh rempah-rempah sebagai bumbu dasar. Hidangan khas Kota Solo, adaptasi dari beef steak ala Eropa menjadi rasa Jawa yang lebih manis dan berkuah.

SELAT SOLO ala BUMBU REMPAH NUSANTARA langkah memasak

  1. Marinasi daging menggunakan bumbu komplit sop iga Rempah Nusantara selama 40 menit kemudian masukan kedalam kulkas terlebih dahulu.
  2. Rebus Air sebanyak 500ml tunggu hingga mendidih kemudian masukan daging sapi, tunggu hingga daging empuk jika air habis bisa di tambahkan kembali.
  3. Sementara menunggu daging empuk, kupas kentang dan potong lalu goreng dan sisihkan.
  4. Kupas dan potong wortel dah buncis lalu rebus sebentar.
  5. Siapkan Garnis, angkat daging lalu iris sesuai selara, dan siap di sajikan..

Di masa kolonial Selat Solo dihidangkan untuk kaum ningrat. Selat Solo atau bistik Jawa tadinya adalah makanan kaum ningrat keraton Solo. Dari penampilannya, terlihat jelas kalau kuliner khas Solo ini merupakan variasi lokal biefstuk. Penambahan sayuran rebus sebagai pengganti kentang tumbuk merupakan alasan hidangan ini diberi nama selat (salada). Selain itu, bistik daging atau lidah sapi dalam selat Solo sudah dimodifikasi dengan topping keripik.

Tinggalkan Balasan