Resep: Tongseng Kambing Lezat

  • Post author:
  • Post category:Resep Daging
  • Reading time:3 mins read

Tongseng Kambing. Tongseng kambing merupakan menu spesial di Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Idul Qurban. Cara memasak Tongseng yang tidak bau amis, atau tidak bau prengus sangat mudah, yuk cekidot Tongseng merupakan salah satu menu olahan daging yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Terlebih lagi di momen perayaan Idul Adha, di mana seluruh umat muslim melakukan kegiatan penyembelihan daging kurban yang kemudian akan dibagikan ke masyarakat.

Dalam satu mangkuk tongseng kambing, kamu akan mendapatkan nikmatnya kuah pedas, dilengkapi dengan potongan daging kambing empuk yang sulit untuk kamu tolak. Jika kamu belum mempunyai rencana memasak menu di hari raya idul adha, resep tongseng kambing ini bisa kamu pertimbangkan lho. Bicara soal olahan daging kambing, tongseng kambing selalu menjadi unggulan. Dirimu dapat membuat Tongseng Kambing dengan 14 bumbu dalam 4 urutan. Inilah cara supaya membuat makanan itu.

Bahan-bahan dari Tongseng Kambing

  1. Siapkan 1 kg daging kambing, kucuri jeruk nipis/air parutan nanas.
  2. Sediakan sesuai selera Kol.
  3. Siapkan sesuai selera Tomat hijau.
  4. Sediakan 1 buah santan kara segitiga.
  5. Siapkan 4 sdm kecap manis.
  6. Siapkan 8 buah cabe rawit merah utuh.
  7. Siapkan Bumbu halus.
  8. Ambil 7 siung bawang merah.
  9. Persiapkan 4 siung bawang putih.
  10. Ambil 2 ruas jahe.
  11. Ambil 1/2 butir pala.
  12. Ambil 1 sdt ketumbar.
  13. Persiapkan 1/2 sdt jintan.
  14. Sediakan 1 sdt merica.

Potongan daging kambing, kol, tomat, dan kuah gurih-manis ini membuat tongseng jadi sajian yang sungguh menggiurkan. Penyuka pedas bisa menggerus langsung cabe rawit utuhnya di piring, sajian pun jadi lebih sedap dan menggigit. Tongseng adalah salah satu gulai dengan bumbu yang lebih "tajam". Tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang.

Langkah memasak Tongseng Kambing

  1. Siapkan bumbu, haluskan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daging kambing, tumis hingga daging berubah warna, tuang kecap manis, dan garam, aduk rata, beri 1 gelas air, tutup..
  3. Setelah daging empuk, tuang santan dan tomat hijau, dan cabe rawit, masak hingga meresap, koreksi rasa dengan menambahkan gula, garam, merica dan kecap agar sesuai selera..
  4. Setelah rasa sesuai selera, masukkan kol / kobis, aduk hingga kol layu. Matikan kompor, sajikan tongseng dengan nasi hangat..

Tongseng is an Indonesian goat meat, mutton or beef stew dish in curry-like soup with vegetables and kecap manis (sweet soy sauce). Tongseng is commonly found in Indonesian region of Central Java; from Surakarta to Yogyakarta. However, it is believed that dish was originated from Klego district in Boyolali, Central Java. Pada saat menjelang hari Raya Idul Adha seperti saat ini biasanya teman teman muslim kita sudah mulai merencanakan masakan apa yang nanti di hidangkan di hari suci itu. Tongseng bukan hanya makanan dengan bumbu dan cita rasa yang lezat.

Tinggalkan Balasan