Resep: Selat solo (kuah sedikit) Lezat

  • Post author:
  • Post category:Makanan Khas
  • Reading time:2 mins read

Selat solo (kuah sedikit). IG:@desytariyem Steak biasanya dikenal sebagai makanan ala western. Akan tetapi, Indonesia juga punya loh makanan khas berupa steak. Makanan yang sering disebut bistik Jawa ini bernama Selat Solo.

Selat solo (kuah sedikit) Cara menyajikan selat Solo: Anda siapkan piring saji berupa piring ceper kemudian beri dua lembar daun selada. Tata daging, buncis, wortel, dan irisan telur. Beri kuah daging dan juga siram dengan saus mayones. Anda dapat membikin Selat solo (kuah sedikit) menggunakan 9 bahan makanan dalam 5 step. Begini cara untuk membuat masakan ini.

Bahan dari Selat solo (kuah sedikit)

  1. Bunda perlu Daging sapi tennder loin/ yg lainya.
  2. Persiapkan 8 siung bawang merah.
  3. Kamu membutuhkan 4 siung bawang putih.
  4. Persiapkan Sejumput pala bubuk.
  5. Siapkan Sejumput garam dan gula.
  6. Siapkan secukupnya Air.
  7. Kamu membutuhkan secukupnya Kecap.
  8. Kamu membutuhkan secukupnya Lada bubuk.
  9. Persiapkan sedikit Minyak.

Membuat selat Solo ternyata tidak sulit. Telur rebus saya masukkan juga kedalam kuah selat supaya warnanya menjadi cokelat dan jadi seperti telur pindang. Tunggu hingga mendidih dan kuah agak sedikit menyusut. Susun pada piring: wortel, buncis, timun, kentang, tomat, daun selada, galantin, telur pindang, tomat dan irisan bawang merah kemudian siram dengan kuah selat.

Selat solo (kuah sedikit) langkah-langkah

  1. Haluskan bawang merah dan putih, beri kecap, minyak, sejumput lada, garam dan pala bubuk. Rendam kurang lebih 15menit. (sy menggunakan daging yang sudah di potong potong).
  2. Tumis sedikit mentega untuk mematangkan daging. Angkat daging dirasa cukup matang. Jangan terlalu lama krn daging terlalu matang akan keras..
  3. Tumis sisa bumbu hingga harum, beri air secukupnya..
  4. Rebus swortel, buncis, kentang dan telor. Iris iris. Tata kedalam piring..
  5. Sajikan lengkap dengan sayuran dan telor..

Selat solo (bahasa Jawa: ꦱꦼꦭꦠ꧀ ꦱꦭ, translit. Selat sala) adalah sebuah hidangan khas Jawa yang memiliki pengaruh hidangan Eropa dan berasal dari kota Solo, Jawa Tengah. Makanan ini terdiri dari daging sapi has luar yang direbus dalam kuah encer yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap Inggris, air serta dibumbui dengan pala dan merica. Walaupun memiliki nama selat solo yang mengacu kepada "salad", bagian utamanya berupa daging sapi (umumnya has luar) menjadikan hidangan ini tidak cocok untuk dikatakan sebagai salad, melainkan sebagai sebuah bistik yang disajikan dalam kuah manis encer khas Jawa. Beberapa orang menyebut hidangan ini sebagai sebuah percampuran antara bistik, salad dan sup.

Tinggalkan Balasan