Resep: Bistik Jawa Sedap

  • Post author:
  • Post category:Makanan Khas
  • Reading time:3 mins read

Bistik Jawa. Bistik, merupakan makanan barat yang telah disesuaikan oleh lidah orang Indonesia khususnya orang Jawa. Oleh karena itu masakan ini diberi nama bistik jawa. Diolah dari daging sapi yang di iris tipis lalu direndam dengan bumbu khas.

Lihat juga resep Bistik Jawa Daging Sapi enak lainnya! Resep Membuat Bistik Daging khas Jawa Enak dan Nikmat – Sajian makanan khas yang ada di Indonesia memang mempunyai beragam variasi rasa yang cukup banyak dan menggugah selera. Dari sabang sampai merauke, sajian khas selalu terjasi dengan begitu khas serta spesial. Dirimu bisa membuat Bistik Jawa dengan 14 bahan makanan dalam 5 step. Begini cara dapat membikin hidangan tersebut.

Bahan makanan dari Bistik Jawa

  1. Bunda perlu 1/2 kg daging sapi (bisa khas/sengkel; potong tipis2 sperti potongan dendeng).
  2. Kamu membutuhkan 6 siung bawang merah.
  3. Siapkan 3 siung bawang putih.
  4. Kamu membutuhkan Secukupnya bawang bombay.
  5. Bunda perlu Secukupnya kecap manis.
  6. Bunda perlu 2-3 sdm saus tiram (aku pake lee kum kee).
  7. Siapkan 2 sdm soy sauce.
  8. Siapkan 2-3 sdm saos tomat.
  9. Persiapkan secukupnya Garam.
  10. Kamu membutuhkan 2 sdt tepung maizena.
  11. Kamu membutuhkan secukupnya Air.
  12. Kamu membutuhkan secukupnya Minyak sayur dan margarin.
  13. Siapkan Condiment:.
  14. Siapkan Kentang, buncis, wortel yg dipotong korek lalu direbus/dikukus.

Hal ini tak anek, karena Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan dengan latar belakang serta beragam suku bangsa. Bumbu Resep bistik sapi yang kita berikan juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain menjadi bistik ayam, bistik kambing, bistik ikan, bistik jawa dan yang lainnya. Dan yang paling penting, cara membuat bistik sapi ini cukup mudah dan gampang diikuti, bahkan oleh pemula sekalipun. Merdeka.com – Selat Solo, hidangan berbahan daging khas kota Solo yang juga sering disebut dengan istilah bistik Jawa.

Bistik Jawa langkah-langkah

  1. Siapkan daging yg sudah dipotong2 tipis, geprak 1 siung bawang putih lalu lumuri ke daging beserta dgn kecap manis secukupnya. Diamkan di kulkas selama kurleb 1 jam sampai bumbu meresap.
  2. Panaskan wajan, tumis bawang merah,putih,bombay dengan minyak sayur, boleh tambahkan margarin juga (sesuai selera ya). Tumis semua sampai harum..
  3. Masukkan daging, tumis tp jgn keseringan dibolak-balik yaa, biar daging ga keras. Kira2 daging sudah berubah warna, masukan kurleb 3 sdm kecap manis (krn saya mau bikin bistik jawa yg manis, jd kecap manisnya agak banyak), saos tiram, soy sauce, saos tomat. Kasih air biar berkuah (sesuai selera), lalu masak sampai daging empuk..
  4. Tuang maizena yg sdh dicampur dgn air, diamkan sampai tekstur kuah jd sedikit kental, lalu koreksi rasa, bila perlu tambahkan garam kl kemanisan, masak lg sampai rasanya menyatu..
  5. Sajikan deh dgn condiment yg sudah disiapkan, banyakin kentangnya kl mau bnr2 kurangin nasi atau ganti nasi putih dgn nasi merah secukupnya..

Makanan ini diadaptasi dari biefstuk, steak daging ala Belanda. Penggunaan aneka jenis sayuran sebagai pendamping lantas membuat makanan ini jadi bernama selat alias salad. Jangan lupa untuk Subscribe dan aktifkan loncengnya biar bunda selalu dapat notifikasi dan saya semakin semangat buat videonya. This is one of our favourite recipes. Javanesse Beef Steak (Bistik Daging Sapi ala Jawa) is a modification from western-style steak.

Tinggalkan Balasan