Resep: Bistik jawa Lezat

  • Post author:
  • Post category:Makanan Khas
  • Reading time:3 mins read

Bistik jawa. Bistik, merupakan makanan barat yang telah disesuaikan oleh lidah orang Indonesia khususnya orang Jawa. Oleh karena itu masakan ini diberi nama bistik jawa. Diolah dari daging sapi yang di iris tipis lalu direndam dengan bumbu khas.

Lihat juga resep Bistik Jawa Daging Sapi enak lainnya! Resep Membuat Bistik Daging khas Jawa Enak dan Nikmat – Sajian makanan khas yang ada di Indonesia memang mempunyai beragam variasi rasa yang cukup banyak dan menggugah selera. Dari sabang sampai merauke, sajian khas selalu terjasi dengan begitu khas serta spesial. Dirimu dapat membuat Bistik jawa menggunakan 16 bahan masakan dalam 7 urutan. Beginilah langkah untuk membuat hidangan itu.

Bahan makanan dari Bistik jawa

  1. Siapkan 1/2 kg daging has dalam (ana : mix iga).
  2. Siapkan 1 sdt maezena + 1/4 cangkir kecil air encerkan.
  3. Siapkan 3 sdm kecap manis.
  4. Siapkan 1 buah tomat merah, potong2.
  5. Persiapkan 1 sdm gula merah sisir.
  6. Bunda perlu 1 sdm margarin.
  7. Persiapkan 3 sdt gula pasir.
  8. Kamu membutuhkan 1 gelas air kaldu sapi.
  9. Bunda perlu 3 gelas air.
  10. Siapkan Bumbu :.
  11. Persiapkan 1 sdt pasta bawang putih (udah di post).
  12. Kamu membutuhkan 2 sdt pasta bawang merah (udah di post).
  13. Persiapkan 1/2 sdt lada bubuk.
  14. Bunda perlu 1 sdt bubuk cabe.
  15. Kamu membutuhkan 1/2 buah pala.
  16. Kamu membutuhkan 1 sdt garam.

Hal ini tak anek, karena Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan dengan latar belakang serta beragam suku bangsa. Bumbu Resep bistik sapi yang kita berikan juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain menjadi bistik ayam, bistik kambing, bistik ikan, bistik jawa dan yang lainnya. Dan yang paling penting, cara membuat bistik sapi ini cukup mudah dan gampang diikuti, bahkan oleh pemula sekalipun. Merdeka.com – Selat Solo, hidangan berbahan daging khas kota Solo yang juga sering disebut dengan istilah bistik Jawa.

Bistik jawa langkah memasak

  1. Potong agak tipis saja daging biar cepat empuk saat di masak lalu cuci bersih tiriskan airnya.
  2. Siapkan wajan masukkan daging beri kecap manis,margarin,garam,lada bubuk,pala,bawang merah,bawang putih,cabe bubuk aduk rata dan diamkan 10 menit agar bumbu meresap.
  3. Nyalakan api sedang saja dan biarkan air dari daging keluar sampai daging agak empuk atau setengah matang baru tambahkan gula pasir,gula merah,tomat dan air kaldu serta air biasa.
  4. Masak sampai mendidih lalu kecilkan api biarkan sampai daging empuk sambil sesekali di aduk agar bawah tidak gosong,masak -+ 1- 1,5 jam.
  5. Setelah daging empuk masukkan cairan maezena dan aduk cepat lalu matikan api, pastikan masih ada kuahnya ya bund..jd tinggal ngentalin.
  6. Bistik jawa siap disajikan.. Biasa disajikan dengan selada,kentang goreng,wortel rebus dan saus mustard tapi enak juga buat lauk nasi putih hangat lo bund..endeess.. Ati-ati naik berat badaan..??.
  7. Tips daging cepat empuk : ambil 1 batang daun pepaya agak muda remas-remas asal saja baru balut daging dengan daun pepaya sampai tertutup semua dan diamkan selama 15 menit atau lebih makin lama balutnya makin cepat empuknya tp jangan lewat dari 1/2 jam ya bapak bapak ibuk ibuuk..bisa hancur daging saat di rebus hee..dah gitu ajah ?.

Makanan ini diadaptasi dari biefstuk, steak daging ala Belanda. Penggunaan aneka jenis sayuran sebagai pendamping lantas membuat makanan ini jadi bernama selat alias salad. Jangan lupa untuk Subscribe dan aktifkan loncengnya biar bunda selalu dapat notifikasi dan saya semakin semangat buat videonya. This is one of our favourite recipes. Javanesse Beef Steak (Bistik Daging Sapi ala Jawa) is a modification from western-style steak.

Tinggalkan Balasan