Resep: Martabak Teflon Bersarang Lezat

  • Post author:
  • Post category:Resep Cemilan
  • Reading time:2 mins read

Martabak Teflon Bersarang.

Bunda dapat dengan mudah memasak Martabak Teflon Bersarang menggunakan 15 bahan masakan dalam 11 step. Beginilah cara agar membikin hidangan ini.

Bahan masakan dari Martabak Teflon Bersarang

  1. Siapkan 1 Bahan.
  2. Siapkan 225 gr tepung terigu pro sedang (me: ∆).
  3. Ambil 20 gr tepung maizena (boleh diganti tapioka).
  4. Siapkan 30 gr gula pasir.
  5. Siapkan 250 ml air.
  6. Siapkan 1 butir telur.
  7. Sediakan 3/4 sdt baking powder.
  8. Persiapkan 2 Bahan.
  9. Siapkan 50 ml air.
  10. Siapkan 3/4 sdt soda kue.
  11. Sediakan Secukupnya gula pasir.
  12. Ambil Topping (sesuai selera).
  13. Persiapkan Margarin/mentega.
  14. Ambil Meses.
  15. Ambil SKM putih.

Instruksi memasak Martabak Teflon Bersarang

  1. Campurkan tepung terigu, maizena, gula pasir, dan air. Aduk hingga gula larut dan semua bahan menyatu dengan whisk. Note: aduk agak lama agar tepung membentuk gluten..
  2. Di wadah terpisah, kocok lepas telur dan baking powder. Campurkan ke adonan tepung, aduk asal rata (jangan mengaduk terlalu kencang dan lama)..
  3. Tutup adonan dg serbet bersih dan diamkan minimal 1 jam (saya bikin adonan siang, malamnya baru dimasak?).
  4. Saat akan dimasak, bagi adonan menjadi 2 (agar tidak terlalu tebal). Di wadah terpisah, campurkan air dan soda kue, aduk rata. Campurkan ke dalam adonan dan aduk pelan hingga rata..
  5. Panaskan teflon. Kalau memanggang dg kompor biasa, bawah teflon dialasi seng agar panas bisa merata ke seluruh bagian teflon. (Saya pakai tutup kaleng bekas)..
  6. Pastikan teflon benar2 panas agar martabak membentuk sarang yaa mom. Caranya percikkan air ke teflon. Apabila air langsung menguap, artinya teflon sudah panas..
  7. Masukkan adonan pertama. Jangan ditutup dulu, tunggu hingga martabak membentuk sarang. Gunakan api sedang..
  8. Kalau seluruh permukaan martabak sudah bersarang, taburkan gula pasir, kecilkan api, lalu tutup teflonnya. Lanjutkan memanggang hingga matang..
  9. Setelah matang, segera keluarkan martabak dari teflon. Potong martabak menjadi 2 bagian dan olesi dengan margarin/mentega. Tambahkan topping sesuai selera. Terakhir, tambahkan susu kental manis. Lipat martabak dan potong2..
  10. Martabak siap dinikmati selagi hangat. Teksturnya kenyal dan bersarang. Kalau digigit menteganya lumer di mulut. Yummy!.
  11. Untuk adonan kedua caranya sama ya mom, sblm dipanggang tambahkan larutan soda kue dulu. Selamat mencoba, semoga berhasil?.

Tinggalkan Balasan